Mengenal
Sistem Rujukan Puskesmas alai padang
sitem rujukan merupakan suatu sistem
jaringan fasilitas pelayanan kesehatan yang memungkinkan terjadinya penyerahan
tanggung jawab secara timbal balik atas masalah yang timbul, baik secara
vertikal maupun horizontal ke fasilitas pelayanan yang lebih kompeten,
terjangkau, rasional dan tidak dibatasi oleh wilayah administrasi. Diharapkan
dengan adanya sistem rujukan pasien dapat pertolongan pada fasilitas pelayanan
kesehatan yang lebih mampu sehingga jiwanya dapat terselamatkan, selain itu
dengan adanya sistem rujukan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan
yang lebih bermutu.
Langkah-Langkah Rujukan Pusekesmas
alai
1.
Menentukan
kegawatdaruratan penderita
2. Menentukan
tempat rujukan
3. Memberikan informasi kepada
penderita dan keluarga
4. Mengirimkan
informasi pada tempat rujukan yang dituju
5. Persiapan
penderita
Tata laksana rujukan dipuskesamas alai padang
- Internal antas-petugas di satu rumah
- Antara puskesmas pembantu dan puskesmas
- Antara masyarakat dan puskesmas
- Antara satu puskesmas dan puskesmas lainnya
- Antara puskesmas dan rumah sakit, laboratorium atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya
Berkoordinasi dengan Pasien dan
Petugas Kesehatan dengan Memperhatikan Hubungan antar Manusia
Komunikasi dan perilaku petugas sangatlah
penting dalam hubungannya dengan professional kesehatan. Tanpa adanya
komunikasi sesuatu bisa dipersepsikan dan diinterpretasikan berbeda dengan yang
seharusnya, apalagi pasien yang berhadapan dengan tenaga kesehatan mempunyai
pengetahuan dan pemahaman yang tidak sama dengan tenaga kesehatan. Kurangnya
komunikasi dan perilaku antara petugas pelayanan kesehatan dengan pasien
merupakan salah satu alasan keluhan umum pasien di pelayanan kesehatan, hal
tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan
kesehatan yang diberikan petugas kesehatan.
Komunikasi
tim kesehatan petugas alai sangat baik kepada petugas kesehatan lainya dan
pasien,komunikasi dengan kepuasan pasien
sangatlah berhubungan dalam meningkatkan
kepuasan pasien. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara
komunikasi dan perilaku petugas dengan kepuasan pasien. Saran bagi Puskesmas alai hendaknya mempertahankan komunikasi dan perilaku yang baik dalam
memberi pelayanan, sehingga petugas mampu meningkatkan kepuasan kepada pasien yang datang di puskesmas. Maka
jalinlah Komunikasi, Perilaku Petugas dan Kepuasan Pasien dengn baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar