Minggu, 01 November 2015

Sistem Rujukan Puskesmas Alai Padang

Mengenal Sistem Rujukan Puskesmas alai padang
sitem rujukan merupakan suatu sistem jaringan fasilitas pelayanan kesehatan yang memungkinkan terjadinya penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas masalah yang timbul, baik secara vertikal maupun horizontal ke fasilitas pelayanan yang lebih kompeten, terjangkau, rasional dan tidak dibatasi oleh wilayah administrasi. Diharapkan dengan adanya sistem rujukan pasien dapat pertolongan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih mampu sehingga jiwanya dapat terselamatkan, selain itu dengan adanya sistem rujukan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu.
Langkah-Langkah Rujukan Pusekesmas alai
1.      Menentukan kegawatdaruratan penderita
2.    Menentukan tempat rujukan
3.    Memberikan informasi kepada penderita dan keluarga
4.   Mengirimkan informasi pada tempat rujukan yang dituju
5.    Persiapan penderita

Tata laksana rujukan dipuskesamas alai padang
  1. Internal antas-petugas di satu rumah
  2. Antara puskesmas pembantu dan puskesmas
  3. Antara masyarakat dan puskesmas
  4. Antara satu puskesmas dan puskesmas lainnya
  5. Antara puskesmas dan  rumah sakit, laboratorium atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya

 Berkoordinasi dengan Pasien dan Petugas Kesehatan dengan Memperhatikan Hubungan antar Manusia
 Komunikasi dan perilaku petugas sangatlah penting dalam hubungannya dengan professional kesehatan. Tanpa adanya komunikasi sesuatu bisa dipersepsikan dan diinterpretasikan berbeda dengan yang seharusnya, apalagi pasien yang berhadapan dengan tenaga kesehatan mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang tidak sama dengan tenaga kesehatan. Kurangnya komunikasi dan perilaku antara petugas pelayanan kesehatan dengan pasien merupakan salah satu alasan keluhan umum pasien di pelayanan kesehatan, hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan petugas kesehatan.
Komunikasi tim kesehatan petugas alai sangat baik kepada petugas kesehatan lainya dan pasien,komunikasi  dengan kepuasan pasien sangatlah berhubungan  dalam meningkatkan kepuasan pasien. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara komunikasi dan perilaku petugas dengan kepuasan pasien. Saran bagi Puskesmas  alai hendaknya mempertahankan  komunikasi dan perilaku yang baik dalam memberi pelayanan, sehingga petugas mampu meningkatkan kepuasan  kepada pasien yang datang di puskesmas. Maka jalinlah Komunikasi, Perilaku Petugas dan Kepuasan Pasien dengn baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar